7 Penyebab Bau Mulut yang Perlu Anda Ketahui

Pkycharts.com – Bau mulut atau yang dikenal dengan nama halitosis merupakan masalah yang sangatlah serius. Selain dapat meninggalkan rasa tidak enak di mulut, bau mulut juga sangat mengganggu orang lain ketika tengah mengobrol. Hal ini tentu menciptakan perasaan minder ketika tengah bersama dengan teman-teman.

Meskipun telah melakukan perawatan gigi secara teratur, namun ada saja penyebab hingga membuat bau mulut menjadi kurang sedap dan mengurangi penampilan. Hal tersebut bisa disebabkan karena makanan, kebiasaan malas menyikat gigi dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasi bau mulut, hal yang perlu dilakukan pertama kali ialah mengenali penyebab bau mulut. Ada 7 penyebab bau mulut yang perlu Anda ketahui, untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

  • Makanan

Makanan menjadi salah satu penyebab timbulnya bau mulut. Banyak yang hanya mengetahui bahwa bau mulut disebabkan setelah mengonsumsi bawang merah dan bawang putih. Namun, masih terdapat banyak makanan yang dapat meninggalkan bau kurang sedap di mulut Anda, contohnya daging, kopi, keju dan jus jeruk. Dalam hal ini, sebaiknya Anda mulai mengurangi konsumsi makanan yang dapat menimbulkan bau tidak sedap pada mulut.

  • Mulut Kering

Salivasi itu baik dan mampu menyiram seluruh partikel penghasil bau dan bakteri yang terdapat di dalam mulut. Oleh karena itu, ketika mulut mengering, bau mulut pun tidak dapat dihindari. Hal ini merupakan hal alami atau juga dapat disebabkan secara patologis(masalah medis).

  • Tembakau dan Produknya

Bukan hal yang baru jika rokok atau tembakau dapat membahayakan kesehatan. Tidak hanya mengganggu kesehatan, tembakau dan segala bentuknya juga dapat mengganggu keseimbangan dalam mulut yang nantinya menimbulkan bau tidak sedap. Namun, jika hal ini tidak ditangani dengan benar, maka akan meningkatkan risiko terserang kanker mulut.

  • Infeksi di Mulut

Infeksi mulut dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Ketika Anda memiliki penyakit gusi, bisul mulut atau baru saja menjalani operasi mulut, disarankan untuk membilas mulut dengan air asin secara rutin tiap kali selesai makan.

  • Sinusitis

Sinusitis mampu menimbulkan berbagai permasalahan, salah satunya ialah bau mulut. Ketika mengalami sinusitis, sinus terisi oleh lendir dan tidak mampu menemukan jalan keluar dari rongga. Akibatnya, ia pun tidak dapat disalurkan dan mulai menimbulkan senyaman dengan bau yang busuk. Hal inilah yang akhirnya menimbulkan bau mulut.

  • Obat-obatan

Meskipun mampu mengobati sakit, obat-obatan selalu memiliki efek samping. Salah satunya ialah xerostomia atau mulut kering. Hal inilah yang nantinya mampu menimbulkan bau mulut. Obat-obatan yang mampu menyebabkan adanya bau mulut diantaranya ialah obat untuk tekanan darah tinggi, sakit maag, angina, alergi, kanker dan obat untuk mengobati depresi.

  • Buruknya Kebersihan Oral

Jika Anda sangat jarang menyikat gigi secara teratur, menggunakan pembersih lidah atau jua membilas mulut setelah makan, bau mulut tentu tidak dapat dihindari. Hal tersebut disebabkan ada partikel makanan yang telah membusuk yang masih tertinggal di dalam mulut.

Kendati demikian, meskipun Anda telah melakukannya dengan benar, namun bau mulut memang tidak dapat dihindari. Endapan keras dapat tumbuh di sekitar gigi secara alami dari masa ke masa karena disebabkan adanya mineral dalam air liur. Meskipun disikat gigisecara rutin, namun endapan tersebut tidak bisa lepas begitu saja. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda menjadwalkan untuk berkunjung ke dokter gigi dalam kurun waktu tertentu.