Xiaomi Chiron Sambangi GFXBench, Ini Bocoran Spesifikasinya

Pykcharts.com – Kiprah Xiaomi dalam menggarap smartphone memang tidak diragukan lagi. Telah banyak smartphone Xiaomi yang diluncurkan ke pasaran dengan spesifikasi yang mumpuni namun dibanderol dengan harga yang sangatlah terjangkau. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok tersebut tengah mempersiapkan smartphone anyar berjuluk Xiaomi Chiron.

Hal tersebut diperkuat dengan munculnya smartphone tersebut di situs Benchmark GFXBench. Smartphone Xiaomi Chiron diperkirakan merupakan varian Pro dari smartphone Xiaomi Mi Note 3 yang baru saja menyambangi pasaran.

Smartphone terbaru Xiaomi Chiron hadir dengan layar sentuh berukuran 5,7 inchi dan menyuguhkan resolusi full HD atau 1920 x 1080 piksel. Dengan dukungan teknologi panel IPS (In-Plane Switching), tampilan layar yang disuguhkannya pun sangat tajam dan jelas, dimana kerapatan layarnya mencapai 386 piksel per inchi.

Sayangnya, tidak disebutkan bahwa smartphone ini dilengkapi Gorilla Glass sebagai lapisan antigores pelindung layarnya. Smartphone Xiaomi Chiron menggunakan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat sebagai sistem operasinya dengan antaramuka MIUI 9.

Di sektor performa, Xiaomi Chiron mampu menyuguhkan performa yang sangatlah mumpuni dengan kehadiran chipset Qualcomm Snapdragon 835 dengan generasi terbaru. Chipset tersebut mengusung prosesor octa-core Kyro 64-bit yang terdiri dari prosesor quad-core berkecepatan 2,45 GHz dan prosesor quad-core berkecepatan 1,9 GHz.

Tak hanya itu, tersemat pula RAM berkapasitas 6 GB untuk membuat performa gaming dan multitaskingnya menjadi lebih mumpuni dan stabil. Ada pula GPU Adreno 540 yang berperan sebagai pengolah grafis agar smartphone mampu menyuguhkan tampilan grafis yang lebih baik.

Di sektor kamera, Xiaomi Chiron dibekali dual kamera belakang beresolusi 12 megapiksel + 12 megapiksel yang dilengkapi dengan enam elemen lensa beraperture f/2.0 yang didukung oleh berbagai fitur penunjang, yakni phase-detection autofokus, 4-axis OIS dan dual-tone LED flash. Dual kamera belakang tersebut memiliki fungsi untuk optical zoom dan potrait mode.

Sedangkan kamera depan dari smartphone ini memiliki resolusi 5 megapiksel yang mumpuni untuk foto selfie dan video call. Resolusi dari kamera yang diusung Xiaomi Chiron sangatlah mampu menghasilkan bidikan gambar yang jelas dan tajam, sehingga sangat cocok untuk mengabadikan berbagai momen-momen indah.

Kapasitas memori menjadi hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam sebuah smartphone. Kapasitas memori internal yang diusung oleh Xiaomi Chiron ini telah mampu memanjakan para penggunanya. Bagaimana tidak, smartphone ini dibekali memori internal berkapasitas 128 GB atau 256 GB. Tingginya kapasitas memori internal tersebut membuat Xiaomi tidak lagi menyediakan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Di sektor konektivitas, konektivitas yang dimiliki oleh Xiaomi Chiron pun terbilang cukup lengkap. Untuk fitur keamanannya sendiri, telah tersemat sensor pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol Home. Sedangkan untuk konektivitas lain yang diusungnya ialah WiFi, USB Type-C, Bluetooth, NFC (Near Field Communications) dan GPS.

Untuk kebutuhan akses internet, tersedia jaringan 4G LTE yang mampu menyuguhkan akses internet yang super kencang. Namun, jika lokasi pengguna belum mendukung akses jaringan 4G LTE, masih tersedia jaringan 3G HSPA yang juga memiliki jaringan tak kalah stabilnya.

Mumpuninya seluruh komponen seluruh smartphone tentu tidak berarti jika kapasitas baterai yang disematkan pada smartphone memiliki kapasitas yang kecil. Hal tersebut disebabkan baterai berfungsi untuk mencukupi kebutuhan daya yang membuat smartphone dapat menyala dan bertahan.

Pada Xiaomi Chiron, Xiaomi rupanya membenamkan baterai berdaya tampung 3500 mAh yang didukung oleh fitur Quick Charge 3.0. Fitur tersebut memungkinkan adanya pengisian cepat pada smartphone meskipun kapasitas baterai yang dimilikinya cukup besar.